1.Latar Belakang
Untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang keuangan maka, perlu peningkatan pelayanan yang memadai. Salah satu contoh fasilitas pelayanan masyarakat yang diperlukan baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan adalah sistem pelayanan keuangan. Sistem pelyanan keuangan yang ada pada pelayanan koperasi, banyak dijumpai permasalahan. Permasalahan yang harus dicari jalan keluar untuk memperoleh kemudahan-kemudahan dalam memberikan pelayanan keuangan pada masyarakat.
Salah satu tujuan koperasi adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju,adil , dan makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
Dengan ditingkatkannya pelayanan terhadap anggota, maka diharapkan meningkatkan profesionalitas independensi sebagai pelayanan masyarakat dalam bidang keuangan. Dengan struktur pemodalan yang lebih kokoh,penerangan prudential dan pengendalian resiko yang lebih baik serta dukungan dari semua pihak. Semua itu menjadi faktor pendukung untuk mencapai laba, karena tujuan koperasi umumnya adalah mencari laba yang maksimal,mempertahankan kelangsungan hidup dan mengejar pertumbuhan dalam usahanya. Hal ini lah yang melatar belakangi pembuatan sistem informasi Koperasi Simpan Pinjam.
Perumusan Dan kardinalitas
2.1. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang ada,maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
”Bagaimana cara menyajikan informasi simpan pinjam yang cepat,akurat dan tepat waktu sehingga dapat meningkatkan angka simpan maupun pinjam pada koperasi.” Dengan ditingkatkannya pelayanan terhadap anggota, maka diharapkan meningkatkan profesionalitas independensi sebagai pelayanan masyarakat dalam bidang keuangan. Dengan struktur pemodalan yang lebih kokoh,penerangan prudential dan pengendalian resiko yang lebih baik serta dukungan dari semua pihak. Semua itu menjadi faktor pendukung untuk mencapai laba, karena tujuan koperasi umumnya adalah mencari laba yang maksimal,mempertahankan kelangsungan hidup dan mengejar pertumbuhan dalam usahanya. Hal ini lah yang melatar belakangi pembuatan sistem informasi Koperasi Simpan Pinjam. 2.2. Aturan bisnis (kardinalitas 1-1, 1-M,
M-M)
M-M)
1-1 (One to one)
1-M (One to many)
M-M (Many to many)
3. Hubungan antar entitas
Model ER
4. Entity Relationship Diagram Koperasi Simpan
Pinjam
Detail Sistem
Entitas:
— Nasabah
— Karyawan
— Transaksi
Atribute Nasabah:
— ID_Nasabah(Key Attribute)
— Nama
— Alamat
— No_Telp
Atribute Karyawan:
— ID_Karyawan(Key Attribute)
— Nama
— Alamat
— No_Telp
Atribute Transaksi:
— ID_Transaksi(Key Attribute)
— Jenis
— Jumlah
Disusun oleh:
093087 : Kasman
093024 : Nanang ryan
093079 : Muh. Kurniawan S
093078 : Viktor
093006 : Kabul pagalo
1 komentar:
bro mau nanya..strong dan weak entity itu yg mana?
Posting Komentar